Saturday, 9 February 2013

MENYUSUN SURAT LAMARAN PEKERJAAN




Surat Lamaran Pekerjaan
  Merupakan surat resmi yang bersifat pribadi, yang dibuat oleh individu ditujukan kepada instansi tertentu dengan harapan dipenuhinya pekerjaan yang diinginkan.

Cara Penyusunannya
  Ada dua model, yaitu:
  1. Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae)
  2. Surat lamaran pekerjaan yang dipisahkan dari riwayat hidup (curriculum vitae)

Syarat-syarat Surat Lamaran Pekerjaan
  Harus ditulis oleh pelamar pada kertas yang baik dan tidak timbal-balik pada kertas
  Jika diketik hendaknya diketik pada kertas yang berkualitas baik (minimal HVS 70gr) dengan spasi 1,5
  Surat tidak boleh ada coretan atau koreksian
  Isi surat harus menggambarkan sikap keoptimisan pelamar
  Isi surat tidak bernada memelas atau minta dikasihani

Teknis Penulisan Riwayat Hidup
  Riwayat hidup merupakan gambaran diri seseorang. Gambaran diri meliputi keterangan pendidikan/keahlian dan pengalaman sehingga dapat merefleksikan kemampuan atau kualifikasi seseorang.
  Daftar riwayat hidup memuat:
  1. Data pribadi
  2. Pendidikan
  3. Pengalaman kerja
  4. Keterangan lain, dan
  5. Referensi pribadi (boleh tidak dicantumkan)

Data Pribadi
  Hal-hal yang perlu dicantumkan dalam data pribadi:
  1. Nama
  2. Kelahiran (tempat, tanggal lahir)
  3. Jenis kelamin
  4. Status perkawinan
  5. Jati diri (nomor KTP/SIM)
  6. Alamat (Domisili pada saat melamar)
  Adapun  data lain, seperti: kewarganegaraan, suku bangsa, agama, tinggi dan berat badan (dicantumkan sesuai dengan kebutuhan)

Pendidikan
  Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisannya:
  1. Jika pada subjudul hanya ditulis pendidikan, urutan penulisannya dapat terbalik, dimulai dari pendidikan tertinggi lalu menurun ke tingkat pendidikan yang lebih rendah
  2. Jika pada subjudul ditulis riwayat pendidikan, maka urutannya harus dari yang paling rendah sampai ke yang tertinggi, sebab mengandung pengertian kronologis sehingga penulisannya harus mengikuti urutan waktu
  3. Jika pernah mengikuti pendidikan nonformal disamping pendidikan formal maka tuliskan pendidikan formal lebih dulu
  4. Jika pernah mengikuti pendidikan di luar negeri disamping di dalam negeri maka tulis pendidikan dalam negeri lebih dulu.

Pengalaman Kerja
  Pengalaman kerja dapat dicantumkan dengan cara disusun secara kronologis
  Contoh:
1 Juli 2004 sampai 30 Oktober2007 sebagai tenaga administrasi pada PT Lestari Indah Jalan Letjen Suprapto no. 27 Semarang. Berhenti karena mengikuti suami pindah ke Jayapura.



Keterangan Lain
  Data yang tidak dimasukkan ke dalam subjudul yang sudah ada dapat dicantumkan ke dalam keterangan lain
  Bagian yang masuk dalam subjudul ini ialah keahlian khusus, misal: dapat mengoperasikan komputer, dapat menguasai berbagai bahasa asing, prestasi yang diraih, organisasi yang pernah diikuti, kegemaran pribadi, dll 

Referensi Pribadi
  Merupakan keterangan dari orang-orang tertentu tentang diri pelamar. Orang yang ditunjuk sebagai referensi untuk keperluan melamar pekerjaan, antara lain: mantan atasan, mantan dosen/guru, atau teman dekat/kolega. Orang-orang tersebut harus dapat menerangkan dari sudut pandangnya sesuai posisi masing-masing, siapa pelamar, bagaimana kehidupannya, prestasinya, kejujurannya, dll yang ingin diketahui instansi yang dituju.

(Sumber: Bahasa Indonesia Tataran Unggul.Yustinah, dkk: Erlangga)

No comments:

Post a Comment