Surat Lamaran Pekerjaan
Merupakan
surat resmi yang bersifat pribadi, yang dibuat oleh individu ditujukan kepada
instansi tertentu dengan harapan dipenuhinya pekerjaan yang diinginkan.
Cara Penyusunannya
Ada
dua model, yaitu:
- Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae)
- Surat lamaran pekerjaan yang dipisahkan dari riwayat hidup (curriculum vitae)
Syarat-syarat Surat Lamaran Pekerjaan
Harus
ditulis oleh pelamar pada kertas yang baik dan tidak timbal-balik pada kertas
Jika
diketik hendaknya diketik pada kertas yang berkualitas baik (minimal HVS 70gr)
dengan spasi 1,5
Surat
tidak boleh ada coretan atau koreksian
Isi
surat harus menggambarkan sikap keoptimisan pelamar
Isi
surat tidak bernada memelas atau minta dikasihani
Teknis Penulisan Riwayat Hidup
Riwayat
hidup merupakan gambaran diri seseorang. Gambaran diri meliputi keterangan
pendidikan/keahlian dan pengalaman sehingga dapat merefleksikan kemampuan atau
kualifikasi seseorang.
Daftar
riwayat hidup memuat:
- Data pribadi
- Pendidikan
- Pengalaman kerja
- Keterangan lain, dan
- Referensi pribadi (boleh tidak dicantumkan)
Data Pribadi
Hal-hal
yang perlu dicantumkan dalam data pribadi:
- Nama
- Kelahiran (tempat, tanggal lahir)
- Jenis kelamin
- Status perkawinan
- Jati diri (nomor KTP/SIM)
- Alamat (Domisili pada saat melamar)
Adapun data lain, seperti: kewarganegaraan, suku
bangsa, agama, tinggi dan berat badan (dicantumkan sesuai dengan kebutuhan)
Pendidikan
Hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam penulisannya:
- Jika pada subjudul hanya ditulis pendidikan, urutan penulisannya dapat terbalik, dimulai dari pendidikan tertinggi lalu menurun ke tingkat pendidikan yang lebih rendah
- Jika pada subjudul ditulis riwayat pendidikan, maka urutannya harus dari yang paling rendah sampai ke yang tertinggi, sebab mengandung pengertian kronologis sehingga penulisannya harus mengikuti urutan waktu
- Jika pernah mengikuti pendidikan nonformal disamping pendidikan formal maka tuliskan pendidikan formal lebih dulu
- Jika pernah mengikuti pendidikan di luar negeri disamping di dalam negeri maka tulis pendidikan dalam negeri lebih dulu.
Pengalaman Kerja
Pengalaman
kerja dapat dicantumkan dengan cara disusun secara kronologis
Contoh:
1 Juli 2004
sampai 30 Oktober2007 sebagai tenaga administrasi pada PT Lestari Indah Jalan
Letjen Suprapto no. 27 Semarang. Berhenti karena mengikuti suami pindah ke
Jayapura.
Keterangan Lain
Data
yang tidak dimasukkan ke dalam subjudul yang sudah ada dapat dicantumkan ke
dalam keterangan lain
Bagian
yang masuk dalam subjudul ini ialah keahlian khusus, misal: dapat
mengoperasikan komputer, dapat menguasai berbagai bahasa asing, prestasi yang
diraih, organisasi yang pernah diikuti, kegemaran pribadi, dll
Referensi Pribadi
Merupakan
keterangan dari orang-orang tertentu tentang diri pelamar. Orang yang ditunjuk
sebagai referensi untuk keperluan melamar pekerjaan, antara lain: mantan
atasan, mantan dosen/guru, atau teman dekat/kolega. Orang-orang tersebut harus
dapat menerangkan dari sudut pandangnya sesuai posisi masing-masing, siapa
pelamar, bagaimana kehidupannya, prestasinya, kejujurannya, dll yang ingin
diketahui instansi yang dituju.
(Sumber: Bahasa Indonesia Tataran Unggul.Yustinah, dkk: Erlangga)
No comments:
Post a Comment