Di bawah ini adalah contoh abstrak dari skripsiku sendiri bisa dijadikan contoh atau sekedar pengetahuan saja seperti apa abstrak itu, semoga bermanfaat.
ABSTRAK
Wijaya, Citria Nilam Asri Cipto. 2005. Peningkatan Kinerja Siswa Kelas V SDN Taman
02 Bondowoso dalam Pembelajaran Menulis Deskriptif dengan Media Gambar. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia Fakultas
Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Imam Suyitno, M.Pd, (2)
Dra. Nurchasanah, M.Pd.
Kata-kata
kunci: Media Gambar,
Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar.
Kenyataan menunjukkan bahwa hasil pembelajaran
menulis selama ini belum sesuai dengan harapan yang diinginkan. Hasil pembelajaran
Bahasa Indonesia, khususnya hasil pembelajaran menulis menunjukkan tanda-tanda
yang kurang membanggakan. Melihat kenyataan tersebut, agar kualitas kemampuan
menulis dapat ditingkatkan tentunya proses pembelajaran menulis harus ditangani
dengan seksama, sehingga pembelajaran menulis dapat terlaksana secara efektif
dan efisien. Untuk itu, pendidik harus dapat meningkatkan kualitas menulis
siswa dengan berbagai cara, salah satu cara di antaranya adalah memanfaatkan
media pembelajaran dalam proses belajar mengajar.
Dalam rangka usaha peningkatan kualitas
menulis dalam pembelajaran, peneliti mengembangkan media gambar untuk
dimanfaatkan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pokok
bahasan menulis deskriptif. Media gambar dapat digunakan sebagai sarana untuk
membantu siswa dalam mendeskripsikan objek dalam tulisan siswa. Harapan
peneliti dengan media gambar tingkat motivasi, keaktifan dan hasil belajar
siswa dalam menulis deskriptif dapat meningkat.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, untuk mengetahui bagaimana
tingkat motivasi belajar, keaktifan belajar, dan hasil belajar siswa dengan
menggunakan media gambar dalam pembelajaran menulis deskriptif di kelas V
Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN
Taman 02 Bondowoso yang berjumlah 21 orang siswa. Instrumen penelitian ini
berupa (1) angket penjaring motivasi siswa, (2) pedoman penilaian proses
belajar siswa, dan (3) tes berupa tugas menulis deskriptif. Data yang terkumpul
berupa data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah guru dan siswa kelas
V SDN Taman 02 Bondowoso.
Dari
hasil penelitian ini ditemukan bahwa pembelajaran menulis deskriptif dengan
menggunakan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang
ditunjukkan dengan adanya peningkatan keantusiasan, ketertarikan, dan rasa
ingin tahu yang besar. Pada siklus I sebanyak 52,38% siswa merasa senang
mengikuti pembelajaran menulis deskriptif dengan menggunakan gambar meningkat
menjadi 95,24% pada siklus II. Pembelajaran
menulis dengan media gambar juga dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal
ini ditunjukkan pada proses belajar: siswa aktif dalam bertanya jawab, aktif
mengungkapkan pengetahuannya, aktif menyimak penjelasan, aktif mengamati
gambar, aktif merangkai ciri-ciri objek, dan aktif mempresentasikan hasil
tulisannya. Pembelajaran menulis dengan media gambar juga dapat meningkatkan
hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata
hasil belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar
64,76 menjadi 76,67 pada siklus II. Dengan demikian, siswa telah mengalami
ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 90,48% dengan kualifikasi penguasaan
kemampuan sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran menulis deskriptif dengan media gambar dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa, keaktifan belajar siswa, dan hasil belajar
siswa. Berdasarkan simpulan penelitian ini disarankan pada guru untuk memanfaatkan
hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif perbaikan pengembangan
pembelajaran menulis deskriptif. Kepada peneliti selanjutnya, diharapkan menindaklanjuti
hasil penelitian ini, yakni memverifikasi dan memperbaiki pada kelemahan dan
kekurangan penelitian ini, kelemahan tersebut adalah hanya memfokuskan
penelitian pada aktivitas siswa pada saat pembelajaran.
Cc 110213 :) :) :D
No comments:
Post a Comment