Monday 11 February 2013

CONTOH ABSTRAK



Di bawah ini  adalah contoh abstrak dari skripsiku sendiri bisa dijadikan contoh atau sekedar pengetahuan saja seperti apa abstrak itu, semoga bermanfaat.

ABSTRAK

Wijaya, Citria Nilam Asri Cipto. 2005. Peningkatan Kinerja Siswa Kelas V SDN Taman 02 Bondowoso dalam Pembelajaran Menulis Deskriptif dengan Media Gambar. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Imam Suyitno, M.Pd, (2) Dra. Nurchasanah, M.Pd.

Kata-kata kunci: Media Gambar, Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar.

Kenyataan menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis selama ini belum sesuai dengan harapan yang diinginkan. Hasil pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya hasil pembelajaran menulis menunjukkan tanda-tanda yang kurang membanggakan. Melihat kenyataan tersebut, agar kualitas kemampuan menulis dapat ditingkatkan tentunya proses pembelajaran menulis harus ditangani dengan seksama, sehingga pembelajaran menulis dapat terlaksana secara efektif dan efisien. Untuk itu, pendidik harus dapat meningkatkan kualitas menulis siswa dengan berbagai cara, salah satu cara di antaranya adalah memanfaatkan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar.
Dalam rangka usaha peningkatan kualitas menulis dalam pembelajaran, peneliti mengembangkan media gambar untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pokok bahasan menulis deskriptif. Media gambar dapat digunakan sebagai sarana untuk membantu siswa dalam mendeskripsikan objek dalam tulisan siswa. Harapan peneliti dengan media gambar tingkat motivasi, keaktifan dan hasil belajar siswa dalam menulis deskriptif dapat meningkat.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, untuk mengetahui bagaimana tingkat motivasi belajar, keaktifan belajar, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran menulis deskriptif di kelas V Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Taman 02 Bondowoso yang berjumlah 21 orang siswa. Instrumen penelitian ini berupa (1) angket penjaring motivasi siswa, (2) pedoman penilaian proses belajar siswa, dan (3) tes berupa tugas menulis deskriptif. Data yang terkumpul berupa data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah guru dan siswa kelas V SDN Taman 02 Bondowoso.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pembelajaran menulis deskriptif dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan keantusiasan, ketertarikan, dan rasa ingin tahu yang besar. Pada siklus I sebanyak 52,38% siswa merasa senang mengikuti pembelajaran menulis deskriptif dengan menggunakan gambar meningkat menjadi 95,24% pada siklus II. Pembelajaran menulis dengan media gambar juga dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada proses belajar: siswa aktif dalam bertanya jawab, aktif mengungkapkan pengetahuannya, aktif menyimak penjelasan, aktif mengamati gambar, aktif merangkai ciri-ciri objek, dan aktif mempresentasikan hasil tulisannya. Pembelajaran menulis dengan media gambar juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 64,76 menjadi 76,67 pada siklus II. Dengan demikian, siswa telah mengalami ketuntasan belajar pada siklus II  sebesar 90,48% dengan kualifikasi penguasaan kemampuan sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis deskriptif dengan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, keaktifan belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan simpulan penelitian ini disarankan pada guru untuk memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif perbaikan pengembangan pembelajaran menulis deskriptif. Kepada peneliti selanjutnya, diharapkan menindaklanjuti hasil penelitian ini, yakni memverifikasi dan memperbaiki pada kelemahan dan kekurangan penelitian ini, kelemahan tersebut adalah hanya memfokuskan penelitian pada aktivitas siswa pada saat pembelajaran.  


Cc 110213 :) :) :D

No comments:

Post a Comment